Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mencangkok duku mudah dan cepat tumbuh

Tanaman duku

Tanaman duku adalah jenis buah-buahan yang termasuk anggota suku Meliaceae. Tanaman duku berasal dari Asia Tenggara ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, namun duku memiliki kandungan geta lebih sedikit, daging buah tebal dan ukuran yang agak besar hal inilah yang membuat banyak orang lebih menggemari duku, selain itu kulit duku juga agak tebal hal ini membuat duku lebih tahan di simpan beberapa hari. 


Proses budidaya atau perbanyakan pohon duku dilakuka dengan beberapa cara, bisa di lakukan dengan perkembang biakan generatif maupun perkembangbiakan vegetatif.

Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan atau perbanyakan dengan menggunakan biji, hal ini di anggap kurang efisien karena pebanyakan ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa produktif/berbuah. 

Perkembangbiakan atau perbanyakan secara vegetatif juga bisa dilakukan pada duku, mulai dari konvensional seperti cangkok, stek, okulasi dll, sampai pada yang lebih modern seperti kultur jaringan. 

Cara mencangkok tanaman duku

Mencangkok merupakan salasatu cara pembiakan secara vegetatif dimana dilakukan dengan menanam batang yang diambil dari batang induk yang di usahakan berakar terlebih dahulu sebelum di potong dari batang induk. 

Adapun persiapan dalam proses pencangkokan adalalah sebagai berikut:

Alat :

  1. cutter/pisau
  2. plastik (yang tranparan agar mudah mengontrol akar)
  3. tali rapiah

Bahan :

  1. Pohon induk ( pohon yang suda produktif, dan usahakan dari varietas unggul)
  2. media cangkok (bisa langsung dari tana, bisa juga dari media sabut kelapa, atau media yang di jual di tokoh)
  3. Perangsang akar,  baik racikan maupun pruduk dari tokoh (tidak harus ada,  hanya untuk mengurangi tingkat kegagalan dalam mencangkok)

Cara kerja

  1. kupas kulit batang yang akan di cangkok, dengan panjang 3-5 CM


  2. kerok kerok sampai tidak tersisa lendir/atau kambium batang untuk memutus jaringan makana dari batang induk.
  3. sayat keliling sedikit kulit di bagian atas seperti pada gambar,  kemudian oleskan perangsang akar. Bacacara membuat perangsang akar dari bahan alami
  4. diamkan selama 10-15 menit.
  5. Ikat plastik pada bagian bawa batang yang dikupas seperti pada gambar.
  6. masukkan media cangkok, usahakan media agak lembab tetapi jangan terlalu basah agar tidak terjadi pembusukan. 
  7. ikat bagian atas pkastik, usahan tidak tersisa lubang agar tidak terjadi penguapan.
  8. ikat juga bagian tengah cangkokan agar media cangkok menyatu dengan batang untuk memudakan akar tumbu. keberhasilan pencangkokan di tandai dengan tumbuhnya akar pada media.
  9. Tunggu sampai akar tumbu (kira-kira 1 bulan atau lebih tergantung pertumbuhannya) dan potong dari batang induk, jangan langsung di tanam, diamkan terlebi dalu di tempat yang tduh selama 2 sampai 3 hari untuk menghindari stres akibat perubahan secara tiba-tiba kemudia buka plastik dan tanam.
Di Tanam dalam polybag terlebi dahulu lebih bagus lagi. 

Sekian tutorial dari saya muda-mudahan bermanfaat,  jika ada yang kurang di pahami bisa ditanyakan di kolom komentar dan mohon maaf jika ada kesalaha hal itu sangat wajar karena penulis juga sebenarnya bukan ahlinya, tetapi hanya sekedar berbagi pengalaman,  darinya itu,  bisa kita diskusikan di kolom komentar. 
Terimakasih suda berkunjung ke blog kami!!!
Salam Tani!!! 

Posting Komentar untuk "Cara mencangkok duku mudah dan cepat tumbuh"