Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air terjun tetewatu, Wiwirano, Konawe Utara

Air terjun tetewatu, atau sering disebut terowongan tetewatu.

Tetewatu merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Wiwirano, kabupaten Konawe Utara, provinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA)

Di desa Tetewatu terdapat keindahan alam uang tersembunyi yang telah di diciptakan oleh ALLAH sang pencipta yang patut kita syukuri dan tentunya patut kita jaga pula agar bisa kita wariskan ke anak cucu kita kelak.

Keindahan tersebut berada pada sebuah objek wisata alam yang terdapat di desa Tetewatu yaitu "AIR TERJUN TETEWATU"


Daerah ini di kelilingi oleh bukit-bukit yang tidak terlalu tinggi menambah pesona keindahan saat berkunjung ke wisata ini.

Masyarakat setempat sering menyebut tempat wisata ini dengan sebutan terowongan Tetewatu karena aliran sungai yang mengaliri air terjun tersebut keluar dari sebuah gowa batu/tebing, jadi masyarakat setempat sering menyebutnya terowongan.
Jadi jangan kawatir aliran airnya tercemar karena langsung mengalir dari mulut goa.

Jadi begitulah asal mulah kenapa air terjun ini disebut juga sebagai terowongan tetewatu.

Tetewatu berada agak jauh dari pusat kota Kendari yang merupakan ibukota Sulawesi Tenggara, skitar kurang lebih 200 km atau bisa di tempuh dengan perjalanan sekitar 5-6 jam perjalanan dengan kendaraan roda 4.

Desa tetewatu terletak di jalan trans sulawesi, letak air terjun tidak jau dari jalan poros Trans Sulawesi. Titik air terjun di tempu sekitar 10 menit jalan kaki dari area parkir kendaraan.
trak menuju titik air terjun
sumber: MTMA trans7
Trak menuju titik air terjun harus melewati aliran sungai yang kontornya berundak-undak, tapi traknya tidak sulit karena batu-batunya tidak licin dan udaranya sangat sejuk karena di kelilingi pepohonan yang rindang.

aliran air sungai langsun mengalir dari dalam mulut goa batu/tebing


"My Trip my Adventure" (MTMA)  kendari Trans7 juga perna berkunjung ke tempat ini
Sumber: MTMA kendari Trans7
Sumber: MTMA kendari Trans7
Sumber: MTMA kendari Trans7
Sumber: MTMA kendari Trans7
Itulah explor tentang wisata alam Tetewatu yang sempat saya rangkum diatas muda-mudahan bisa bermanfaat. Mohon maaf apabilah ada kesalahan pada informasi yang saya sugukan diatas. Bisa di koreksi di kolom komentar di bawa demi kesempurnaan tulisan ini. 
THANKS

Posting Komentar untuk "Air terjun tetewatu, Wiwirano, Konawe Utara"