Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor matic tiba-tiba mati mendadak, penyebab dan cara mengatasinya terbaru 2023

Motor matic mati total atau tiba-tiba mati mendadak entah itu sedang jalan atau pas mau berhenti tiba-tiba langsung mati, setelah di starter tidak bisa bunyi lagi / mati total. Saat anda mengalami hal yang sama seperti diatas jangan panik karena saya akan mencoba membahas penyebab serta cara mengatasinya.


Saya bukan ahli otomotif atau punya pengalaman tentang mesin namun kali ini saya hanya sekedar ingin berbagi pengalaman real saya, kebetulan saya juga mempunyai motor matic ( yamaha soul gt)
cara mengatasi motor matic tiba-tiba mati mendadak

Kronologinya

Seperti yang saya paparkan diatas Saya mempunyai motor matic yamaha soul gt 2013. Selang beberapa tahun pemakaian, motor saya sering mogok, tiba-tiba mati. Namun pada awal-awalnya setelah di diamkan sampai benar-benar dingin biasanya semalam, biasanya tiba-tiba bunyi lagi. Tapi setelah lama-kelamaan motor saya semakin sering mogok dan tidak bisa bunyi lagi meski di diamin.

Jadi saya inisiatif buat bawa ke bengkel resmi yamaha yang ada di daerah saya. Setelah saya jelaskan kronologinya pada mekaniknya dia bilang itu injecsinya yang kotor mau di bersihkan. Namun saya heran yang di bersikan itu hanya pompa bensinnya yang ada di tangki bahan bakarnya.

Setelah selasai di service selang beberapa waktu penyakitnya kumat lagi jadi saya bawalagi ke bengkel resmi yamaha namun tempatnya beda, beda kota lagi-lagi yang di bersihkan injeksinya, namun kali ini bukan pompa bensin lgi yang di bersihkan tapi injection atau apalah saya kurang paham juga yang jelas ada di atas mesinnya.

Namun lagi-lagi selang beberapa waktu saya pakai kumat lagi penyakitnya, mogok lagi. Saat itu karena baget saya lagi tipis dan lokasi saya jauh dari bengkel resmi yamaha akhirnya saya bawa ke bengkel biasa yang banyak bertebaran di pinggir jalan. Dia bilang itu kompresinya hilang. Saya terus memperhatikan dia memperbaikinya sampai selasai, dia hanya membuka businya, kemudian menyuntikkan sedikit oli pada lubang busi kemudia di starter beberapakali, setelah itu businya di pasang kembali setelah selasai kemudian di starter langsung bunyi dan asap tebal langsun keluar dari knalapotnya.

Selang beberapa waktu pemakaian mogok lagi namun saya suda tidak terlalu panik karena saya suda sering mengalami dan saya suda tau cara mengatasinya, akhirnya saya perbaiki sendiri saya praktekkan seperti yang dilakukan tukang bengkel sebelumnya dan akhinya bunyi lagi.
Setelah saya share kesana kemari di internet apa penyebanya dan cara mengatasinya, yang saya temukan itu komprensinya sering hilang karena bagian dalam mesin yaitu ruang bakar dan clapnya kotor.

Saya coba bawa ke bengkel resmi yamaha lagi dan saya jelaskan kalau kompresinya sering hilang gara-gara ruang bakarnya kotor mungkin perlu di bersikan. Akhirnya mekaniknya bersihkan dan Alhamdulillah sampai sekarang / sampai saya menulis postingan ini, sudah agak lama dari biasanya motor saya tidak perna mogok lagi

Penyebab motor matic mati mendadak

  1. Ada masalah pada sistem injection
  2. Komprensi hilang


Cara mengatasi motor matic mati mendadak

  1. Gunakan pembersi injection, carbu cleaner atau pembersih lain yang banyak di jual di pasaran atau di bersihkan langsung di bangkel
  2. Jika kompresinya hilang biasanya di tandai dengan starter kakinya tidak ada tendangannya dan setelah busi di buka kering dan hitam. Suttikkan sedikit oli kira-kira 10-15 ml atau secukupnya saja menggunakan spoit,  atau alat lain seperti selang kecil karena lubang busi motor matic agak jau kedalam / agak sulit di jangkau, kemudian tutup lubang busi menggunakan tangan atau lap, kemudian starter sampai ada tanda-tanda mau bunyi,pasang kembali businya dan starter jika masi belum bunyi juga ulagi cara di atas. Namun ini hanya bersifat  sementara dan akan mogok lagi, jika ingin bertahan lama, bersihkan langsung ruang bakarnya di bangkel. 

Sekian postingan dari saya muda-mudahan bermanfaat mohon maaf bila ada kesalahan, karena memang ini bukan keahlian saya melainkan hanya sekedar pengalaman yang saya bagikan,  jika cara diatas suda di praktekkan namun masi tetap sama, mungkin kerusankan yang terjadi pada motor anda beda dengan yang saya bagikan diatas, intinya jangan perna bosan untuk mencari solusinya, sekali lagi postingan ini hanya pengalaman saya pribadi dan tidak ada niat menjatuhkan pihak manapun. Terimakasih....

6 komentar untuk "Motor matic tiba-tiba mati mendadak, penyebab dan cara mengatasinya terbaru 2023"

  1. keren ulasannya...

    www.ipung.net

    BalasHapus
  2. Thanks infonya 👍 bermanfaat

    BalasHapus
  3. Terima kasih sharingnya. Saya juga mengalami hsl yg sama berkali2.
    Bengkel resmi yamaha tidak dijamin langsung bisa mengidentifikasi permasalahan mesin motor kita.yg pasti adl "MAHAL" dab "SPAREPART langsung GANTI" (ga bisa/mau perbaiku).
    Bengke kecil pinggir jalan kadang jauh berpwngalaman.
    Terimakasih sharingnya. Semoga amal Anda berbuah kebaikan yg panjang.
    Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Senang bisah berbagi dengan anda terimakasih atas kunjungannya. semoga bermanfaat

      Hapus
  4. makasih banyak bang, motor sya skrng kgak mogok lg setelah 2 bulan dibersihkan ruang bakarnya, makasih banyak bosqu

    BalasHapus